Situs Resmi FGTIKKNAS

Furika, Pengurus FGTIKKNAS Juara ketiga lomba Anugerah GTK Berdedikasi Tahun 2021

 

 

Salah seorang pengurus FGTIKKNAS, Furika Indah Lestari, S.Kom., M.Pd yang merupakan guru TIK di SMA Negeri 4 Singkawang meraih juara ketiga lomba Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Berdedikasi dalam rangka HUT PGRI ke-76 tahun 2021 Kota Singkawang.

Furika mengatakan “ Tidak hanya prestasi tapi juga banyak ilmu dan pengalaman yang diraih. Saya belum pernah berpartisipasi dalam lomba kategori ini, tentunya menjadi tantangan baru. Harapan saya, bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi teman-teman guru TIK khususnya guru TIK di Kota Singkawang bahwa guru TIK juga bisa berprestasi dan guru TIK juga memiliki dedikasi yang luar biasa terhadap sekolahnya, sama seperti guru mata pelajaran lain”.

Sementara itu, Ketua PGRI Kota Singkawang  Drs. Asep Wahyudin, M.Pd menyampaikan dukungan dan apresisasinya kepada semua perwakilan guru yang mengikuti lomba dan berhasil menjadi juara, “Keikutsertaan dalam lomba ini, bisa dijadikan salah satu sarana bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya. Seluruh guru Khususnya  Guru TIK Kota Singkawang hendaknya mampu menumbuhkan minat dan semangat  untuk mengikuti ajang serupa”. Ungkapnya.

Ketua FGTIKKNAS Purwanto, S.Pd., M.pd., M.Kom berpesan agar apresiasi yang sudah diraih ini dapat menjadi motivasi bagi guru TIK untuk selalu inovatif, kreatif dan inspiratif.

Merayakan Kemerdekaan Menyiapkan Generasi Masa Depan

Rasa nikmat dan karunia yang begitu besar sebagai manusia sejatinya adalah nikmat kemerdekaan. Adanya kemerdekaan ini, potensi manusia sebagai sosok yang diberkan tugas memimpin muka bumi sebagai fitrahnya, menemukan momentumnya. Untuk kembali berbuat yang terbaik, berperan dalam tugas-tugas kehidupannya.

Adapun sebagai hamba Allah, nikmat kemerdekaan ini kita rasakan sebagai membebaskan diri dari penghambaan makhluk, hanya menyeru bahwa Allah-lah Sang Pemberi kebebasan sejati, yang menghantarkan kita pada kebahagiaan dunia dan akhirat.

Merayakan 75 tahun Indonesia telah merdeka, terlebih dimasa pandemic saat ini, dengan cara memeriksa kembali apa-apa yang telah kita lakukan sebagai bangsa selama ini, dan juga merancang strategi untuk menaklukan “ombak” kehidupan dimasa depan.

Kita patut bersyukur bahwa peran-peran ulama, kyai, santri, anak-anak muda dan masyarakat secara luas, pada fase sejarah bangsa ini terus menerus memiliki kiprah yang tidak kecil dalam kancah perjuangan nasional, bisa kita sebutkan pada tahun 1908 adanya kebangkitan nasional yang diprakarsai oleh Soetomo merupakan tokoh muda, 1928 pada gelaran Soempah Pemoeda apalagi, ini event besar yang diinisiasi oleh pemuda Indonesia,  1945, adanya kemerdekaan Indonesia, pada hari sebelum kemerdekaan perbedaan gagasan antara kaum muda dan tua lah yang menyebabkan peristiwa Rengasdengklok, dan dilanjutkan dengan Proklamasi esok hari nya, disitu tercatat ada nama Wikana, Soekarni dll. Bahkan beberapa tahun sebelum 1945 kita catat ada pahlawan yang sekarang diabadikan menjadi nama jalan dibilangan Depok (Jawa Barat) dan sekitarnya ada Margonda, juga merupakan pahlawan nasional yang bisa jadi sebagian dari kita belum tahu. Ada juga Daan Mogot, yang merupakan tokoh pahlawan yang membidani kemerdekaan RI. Tak terhitung hutang kita juga pada Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari, yang telah mengeluarkan resolusi jihad nya untuk memompa semangat perjuangan para ulama, kaum santri, dan masyarakat secara luas. 1974 peristiwa Malari, sampai dengan 1998 adanya Reformasi dari orde baru ke fase berikutnya juga merupakan rangkaian kiprah para pemuda.

Diluar tahun-tahun diatas, barangkali ada catatan sejarah lain yang melimpah ruah dan lagi-lagi membuktikan bahwa pemuda lah, menjadi figur sentral dalam perubahan bangsa ini.Selanjutnya, apa saja yang menjadi tantangan para pemuda ini kedepan ?.

Bahwa gelombang perubahan didepan sana sudah mulai terlihat dan dirasakan. Saat ini dimana kita sudah masuk pada fase Revolusi Industri 4.0, dan tahun Disruption, mau tidak mau, sukarela atau terpaksa, membuat kita wajib untuk belajar terus-menerus berinovasi dengan kemampuan terbaik yang kita punya. Fase inilah yang membuat era digitalisasi menjadi titik perhatian baru, menggeser kebiasaan masyarakat, ditambah dengan menghempaskan mereka-mereka yang tidak mau berubah dan mengadaptasi perubahan.

Kalau kita kenal dengan Kodak  sebagai raja produsen alat potret pada masanya, saat ini hanyalah menjadi kenangan saja setelah setiap smart phone memiliki fungsi foto, bahkan masih ditambah bisa diedit dengan level terbaik. Jaman dulu, kita masih kenal Nokia dengan mottonya “Connecting People” yang begitu mendominasi pasar HP, setelah masa android tiba, namanya meredup (untuk tidak dibilang menghilang), dan diganti dengan “penguasa” alat komunikasi lainnya. Era digital juga merambah kepada industri transportasi dan layanan jasa manusia era ini, adanya ojeg daring, dengan berbagai layanannya menjamur sekali sehingga membuat ojeg konvensional seperti kebakaran jenggot dengan isu penolakan dibeberapa tempat. Bagaimanapun, ketika era digitalisasi ini masuk seperti gelombang besar, maka siapapun yang enggan berubah, maka akan tergusur atau mati. Seperti kisah kodak nokia diatas.

Bagaimana dengan dunia pendidikan ?. Tantangan yang dihadapi para siswa saat ini juga tidak mudah. Skill abad 21 yang diperlukan untuk dikuasai siswa menjadi mutlak untuk dikuasai, beberapa akan diuraikan lewat catatan pendek ini

Kolaborasi dan Flexibility Masa yang akan datang, dimana persaingan sudah tidak lagi antar daerah, namun sudah antar negara (bahkan sudah mulai terasa saat ini), mewajibkan anak-anak kita memiliki skill flexibility menghadapi keadaan, bukannya berfikir strict, kemampuan flexibility ini menunjang agar anak-anak kita lebih lentur dalam menghadapi keadaan. Siap memiliki plan B, C dan seterusnya untuk menghadapi persoalan. Ditambah lagi dengan kemampuan bahasa asing yang memadai, sehingga adanya komunikasi yang baik dengan rekannya yang lain (bahkan antar negara), akan membuat kerja sama yang apik, pertukaran ilmu dan budaya, menjadi lebih arif dalam perbedaan, dan tidak kaget dengan heterogenitas.

Intellectual Curiosity Istilah ini saya dapatkan dari buku Creating Innovators tulisan Tomy Wagner, didalam salah satu halamannya, beliau mengutip saat sesi wawancara dengan pencari bakat Google yang bernama Judy gilbert. “Apa kompetensi yang anda syaratkan untuk menerima pegawai Google ?” tanya Tomy. Pertanyaan ini tentu saja kita mahfum, bahwa saat meraksasanya google saat ini, dimana didominasi oleh orang-orang terbaik didalamnya, serta begitu dirindukannya oleh bakat-bakat terbaik untuk bekerja disana, menjadi kunci penting untuk menerima SDM  didalamnya. Lalu apa jawab om Judy ?, “Tentu saja kami merekrut orang pintar disini, yang pintar coding dan memiliki skill diatas rata-rata, kemudian ada skill lagi yang kami syaratkan, yakni Intellectual Curiosity, kemampuan untuk bisa “mengendus masalah”, mencari tahu ada dimana sekaligus menyelesaikannya. Alih-alih untuk menyalahkan orang lain terhadap masalah itu, atau menunggu orang lain untuk menyelesaikannya, orang dengan bakat ini akan menyelesaikannya dengan cara terbaik yang dia mampu. Singkat kata, kemampuan ini, tentu saja memiliki syarat orang yang mau belajar terus, atau pembelajar sejati. bagaimana tidak, ketika masalah baru muncul, tentu saja dia harus bisa mempelajari teknik penyelesaian terbaru.

Semoga catatan singkat ini memiliki andil dalam perubahan ke arah yang baik, karena merayakan kemerdekaan hari ini, dengan cara menyiapkan generasi masa depan.

Semoga bermanfaat. Salam hangat,

Dedy Setyo Afrianto, M.Pd (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)

Pengurus Pusat FGTIKKNAS

Direktur Pendidikan Nurul Fikri Boarding School Bogor 

 

Sambutan Ketua FGTIKKNAS Periode 2023 - 2026

 


 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua.

 

Dengan penuh rasa syukur dan semangat perubahan, atas nama Federasi Guru TIK dan KKPI Nasional (FGTIKKNAS), saya Budi Rahayu, menyampaikan selamat datang di portal resmi FGTIKKNAS — rumah digital bagi para pendidik TIK dan KKPI di seluruh Indonesia untuk belajar, berbagi, dan bertumbuh bersama.

 

Website ini bukan sekadar laman informasi, tetapi simbol gerakan kolaborasi dan pengabdian. Sebuah ruang yang kita bangun bersama untuk memperkuat kompetensi, profesionalisme, dan semangat juang guru di era transformasi digital pendidikan.

 

Kita hidup di zaman yang bergerak cepat. Teknologi bukan lagi sekadar alat, melainkan bahasa baru dalam belajar dan berkarya. Karena itu, guru TIK/Informatika dan Koding dan Kecerdasan Artifisial memiliki peran strategis sebagai penggerak literasi digital, inovator pembelajaran, dan penjaga nilai-nilai kemanusiaan di tengah derasnya arus teknologi.

 

Portal ini hadir sebagai jembatan kolaborasi nasional, tempat di mana gagasan menjadi gerakan, dan pengalaman di lapangan menjadi inspirasi bagi sesama. Melalui ruang ini, kita akan terus membangun jejaring profesional guru TIK/Informatika dan Koding dan Kecerdasan Artifisial di seluruh Indonesia, mendorong inovasi pembelajaran berbasis teknologi dan karakter,menumbuhkan budaya berbagi, riset, dan pengembangan diri berkelanjutan, menghidupkan semangat solidaritas profesi agar setiap guru merasa memiliki dan berdaya.

 

Kita percaya, kolaborasi adalah energi perubahan.

FGTIKKNAS akan terus tumbuh dari partisipasi Bapak/Ibu guru di seluruh Indonesia: dari ide, karya, dan semangat yang tak pernah padam. Mari kita isi ruang ini dengan kontribusi bermakna — karena setiap tulisan, inovasi, dan saran adalah langkah kecil menuju pendidikan yang lebih maju dan berdaya saing.

 

Terima kasih kepada seluruh pengurus, relawan, mitra, dan sahabat pendidikan yang telah berkontribusi dalam menghadirkan portal ini. Semoga setiap upaya yang kita lakukan menjadi amal kebaikan yang menebar manfaat dan menginspirasi lebih banyak insan pendidik.

 

Mari kita kibarkan semangat bahwa guru TIK/Informatika dan Koding dan Kecerdasan Artifisial adalah pionir perubahan pendidikan Indonesia!

 

Bersama, kita wujudkan kelas-kelas yang inovatif, ramah, dan memberdayakan generasi digital Indonesia.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

Jakarta, 11 Oktober 2025

BUDI RAHAYU, M.Kom
Ketua Umum
Federasi Guru TIK dan KKPI Nasional (FGTIKKNAS)

 
 
 
 
Pengumuman Lainnya Dapat Dilihat pada Group Facebook FGTIKKNAS, dengan cara klik tombol facebook disudut kanan atas, sukses untuk kita semua !!!

Donasi Organisasi

Kirim Donasi ke Rekening BRI Simpedes No : 3996-01-006309-53-3

atas nama FGTIKKNAS

Kantor Unit Sarijadi Bandung Setiabudi.

 

Info top

Bagi Pengguna Tablet & Smartphone :
Sebelum membuka situs aktifkan Rotasi layar, kemudian buka situs FGTIKKNAS menggunakan layar Landscape agar tampilan bisa maksimal, sukses !!!

Selalu bersyukur, maksimalkan yang minimal !!!

_ Biak Kuale

Green module

Violet module

 Sekilas info nanti disini ....

Sekarang

Kami memiliki 14 tamu dan tidak ada anggota online

Loading ...